Cara Memasang Pasta Processor

Artikel terkait : Cara Memasang Pasta Processor

Nah Pastinya para pengguna komputer tau dong apa sih fungsi pasta processor? hah blum tau?
Yaudah deh saya kasi penjelasannya:

Pasta Processor atau disebut juga dengan thermal paste digunakan untuk pendingin processor komputer dan laptop. Sehingga pasta sangat berperan penting dalam proses pendinginan otak komputer (Processor) agar terhindar dari overheat yang dapat berakibat fatal dan membuat komputer menjadi blank. Pasta diletakakan diatas processor atau dibawah heatsinc fan atau kipas pendingin dari processor.

Thermal paste secara garis besar berfungsi untuk menghambat panas yang berasal dari processor menuju ke heatsink agar mudah dilepaskan panasnya keudara. Berbagai macam merek dan harga pasta processor dapat kita jumpai dipasaran khususnya ditoko-toko komputer terdekat. Harganya berkisar 20 ribu hingga 100 ribu rupiah. 

1. Siapkan terlebih dahulu peralatan tempurnya, seperti Alkohol kadar 70% atau juga bisa menggunakan yang dibawahnya. Alasan saya sendiri menggunakan alkohol dengan kadar tinggi agar cepat mengering, tisu halus ataupun lap halus kemudian pasta prosesor yang saya sebutkan diatas.

2. Bersihkan terlebih dahulu permukaan HSF dan juga permukaan prosesor AMD yang masih menggunakan pasta lama sampai tidak ada bekas pasta di prosesor AMD maupun HSFnya, menggunakan alkohol dan lap halus. Atau bisa juga menggunakan tisu. Cara membersihkannya cukup teteskan alkohol tersebut ke tisu secukupnya. 

3. Gosokkan tisu atau lap yang sudah di tetesin alkohol untuk membersihkan pasta yang lama, begitu juga dengan HSF prosesor. Untuk menuntaskannya, silahkan keringkan menggunakan bagian tisu atau lap yang belum ditetesi alkohol. 

4. Setelah pembersihan dilakukan, sekarang berikan pasta ke prosesor secara secukupnya.  Untuk lebih jelasnya lihat gambar



5. Gunakan kertas tebal untuk meratakan pasta secara merata ke seluruh permukaan prosesor, untuk HSF tidak perlu lagi diberikan pasta. Disini saya meratakan menggunakan alat yang telah disediakan pasta dalam paket penjualan. Namun apabila alat tersebut tidak ada, sobat bisa menggantikannya dengan kartu ATM atau sejenisnya.  



6. Setelah merata ke seluruh permukaan, langkah terakhir adalah memasangkan HSF atau pendingin prosesor AMD nya. Ingat disaat memberikan pasta pada prosesor, pasta jangan sampai meluber kemana-mana. Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. 

Nah Gimana Sobat Mudah bukan caranya Memberikan Pasta pendingin ke Processor? Sekarang sobat bisa mencobanya di rumah.

Artikel GudangSharing009 Lainnya :

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015 GudangSharing009 | Design by Bamz